KONSEP ALGORITMA
Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan
komputer dan komputasi.
Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan
komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan
dengan:
komputer dan komputasi.
Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan
komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan
dengan:
- Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem.
- Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep.
- Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya.
- Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta.
ALGORITMA
- Teknik penyusunan langkah-langkah penyelesaian masalah dalam bentuk kalimat dengan jumlah kata terbatas, tersusun secara logis dan sistematis.
- Suatu prosedur yang jelas untuk menyelesaikan suatu persoalan dengan menggunakan langkah-langkah tertentu dan terbatas jumlahnya.
CIRI-CIRI ALGORITMA
Donald E.Knuth, seorang penulis beberapa buku algoritma abad XX,
menyatakan bahwa ada beberapa ciri algoritma, yaitu:
menyatakan bahwa ada beberapa ciri algoritma, yaitu:
- Algoritma mempunyai awal dan akhir.
- Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (not ambigous).
- Memiliki masukan (input) atau kondisi awal.
- Memiliki keluaran (output) atau kondisi akhir.
- Algoritma harus efektif, bila diikuti benar-benar akan menyelesaikan persoalan.
Dalam kehidupan sehari-haripun banyak terdapat proses yang
digambarkan dalam suatu Algoritma.
digambarkan dalam suatu Algoritma.
Contoh-contoh Algoritma dalam kehidupan sehari-hari |
STRUKTUR ALGORITMA
Agar algoritma dapat ditulis dengan teratur maka sebaiknya dibagi
ke dalam beberapa bagian.
- Bagian Kepala (Header)
Memuat nama algoritma serta informasi atau keterangan tentang algoritma yang ditulis.
- Bagian Deklarasi
Memuat definisi tentang nama variable, nama tetapan, nama prosedur, nama fungsi, tipe data yang digunakan dalam algoritma.
- Bagian Deskripsi/Rincian Langkah
Memuat langkah-langkah penyelesaian masalah, termasuk Beberapa perintah seperti baca data, tampilkan, ulangi, yang mengubah data input menjadi output, dsb.
Berikut adalah contoh struktur sebuah contoh algoritma yg menerima dua
buah angka bulat kemudian menampilkan angka yang lebih besar.
buah angka bulat kemudian menampilkan angka yang lebih besar.
Sampai saat ini, terdapat puluhan bahasa pemrograman, antara lain bahasa rakitan (assembly), Fortran, Cobol, Ada, PL/I, algol, Pascal, C, C++, Basic, Prolog, LISP, PRG. Bahasa-bahasa simulasi seperti CSMP, Simscript, GPSS, Dinamo dan banyak lagi. Belakangan juga muncul bahasa pemrograman baru seperti Perl dan Java.
Berdasarkan terapannya, bahasa pemrograman dapat digolongkan atas dua kelompok besar :
1. Bahasa pemrograman bertujuan khusus
Yang termasuk kelompok ini adalah Cobol (untuk terapan bisnis dan administrasi), Fortran (terapan komputasi ilmiah), bahasa rakitan (terapan pemrograman mesin), Prolog (terapan kecerdasan buatan), bahasa simulasi, dsb.
2. Bahasa pemrograman bertujuan umum
Yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, yang termasuk kelompok ini diantaranya adalah bahasa Pascal, Basic, C, dll.
Berdasarkan pada apakah notasi bahasa pemrograman lebih "dekat" ke mesin atau ke bahasa manusia, maka bahasa pemrograman dikelompokkan atas dua macam :
1. Bahasa tingkat rendah
Bahasa jenis ini dirancang agar setiap instruksinya langsung dikerjakan oleh komputer tanpa harus melalui penerjemah (translator). Contohnya adalah bahasa mesin.
2. Bahasa tingkat tinggi
Yang membuat pemrograman lebih mudah dipahami, lebih "manusiawi", dan berorientasi ke bahasa manusia (bahasa inggirs). Program dalam bahasa tingkat tinggi tidak dapat langsung dilaksanakan oleh komputer. Ia perlu diterjemahkan terlebih dahulu oleh sebuah translator bahasa (yang disebut compiler) ke dalam bahasa mesin sebelum akhirnya dieksekusi oleh CPU.
Contoh bahasa tingkat tinggi adalah Pascal, PL/I, Ada, Cobol, Basic, Fortran, C, C++, dsb.
Ada sumber yang mendefinisikan bahasa tingkat tinggi dari sudut pandang kemudahan pemakaiannya serta orientasinya yang lebih dekat ke bahasa manusia.
Les Goldschager [GOL88] menuliskan spektrum bahasa mulai dari bahasa tingkat tinggi (Pascal, Ada, PL/I, Cobol), bahasa tingkat menengah (Bahasa menengah, Basic, Fortran), sampai bahasa tingkat rendah (bahasa mesin).
Tahapan Pelaksanaan Program oleh Komputer
*Kompiler -> menterjemahkan kode program ke dalam bahasa mesin
Algoritma dengan Untaian Kalimat Deskriptif
Berikut langkah-langkah algoritma dengan untaian kalimat deskriptif.
FlowChart
Translasi Notasi Algoritma ke dalam Notasi Bahasa C
Berikut tabel notasi algoritma dalam bahasa pemrograman C.
Translasi Algoritma ke Bahasa Pemrograman
Berikut contoh translasi dari algoritma menampilkan angka yang lebih besar ke dalam bahasa pemrograman c++.
References :
- Rinaldi Munir, Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2002.
- Algoritma Pemrograman, Andi Yogyakarta.
Algoritma dengan Untaian Kalimat Deskriptif
Berikut langkah-langkah algoritma dengan untaian kalimat deskriptif.
*Note
1. Mulai
2. Masukkan A dan B
3. Apakah A > B ?,
Bila ya, Cetak A
Bila tidak, Cetak B
4. Selesai
Berikut tabel notasi algoritma dalam bahasa pemrograman C.
Translasi Algoritma ke Bahasa Pemrograman
Berikut contoh translasi dari algoritma menampilkan angka yang lebih besar ke dalam bahasa pemrograman c++.
Script |
Output |
References :
- Rinaldi Munir, Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2002.
- Algoritma Pemrograman, Andi Yogyakarta.
0 komentar:
Post a Comment