Definisi Dan Deskripsi Pekerjaan Dalam Pemrograman Web



1. WEB ARCHITECT
  
    Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.

         Arsitektur Website memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website. Web desain, dengan cara kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis, dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan yang antara tugas mengedit sebuah koran atau majalah dan desain grafis dan pencetakan. Tetapi hubungan antara editorial dan kegiatan produksi adalah lebih dekat untuk publikasi web daripada untuk penerbitan cetak.

       Ada tiga standar utama untuk penerapan web services. Standar-standar ini mendukung pertukaran data berbasis XML. Tiga standar tersebut meliputi SOAP, WSDL, dan UDDI. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai standar tersebut.

- SOAP (Simple Object Access Protocol)
    Suatu bahasa versi bebas dari protokol RPC (Remote Procedure Caoll) yang berguna untuk proses transaksi melalui HTTP standar.

- WSDL (Web Services Description Language)
   Bahasa yang memungkinkan berbagai dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.

- UDDI (Universal Description Discovery and Integration)
     Semacam direktori global untuk mengelola web services.

2. WEB DESIGNER

    Web designer, kata “Web” disini memberikan deskripsi spesifik bahwa pekerjaan si desainer adalah fokus terhadap tampilan dan layout web, pemahaman tentang HTML, CSS & Javascript ringan diperlukan dalam bidang pekerjaan ini. Pada kenyataannya di Indonesia banyak web designer yg job desc-nya hanya sebagai graphic desainer (tidak mengkonversi desain ke web format), ini pun kadang tidak di keluhkan si web desainer karena mungkin saja gaji yang tidak selevel dengan web desainer sebenarnya.
       Tugas seorang desainer Web secara umum adalah menentukan look and feel dari sebuah situs Web. Secara langsung atau tidak, kita harus menguasai dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan tampilan dari sebuah situs Web. Seorang desainer Web harus pula memahami penerapan aspek-aspek yang terdapat di dalam desain Web, walaupuan tidak menguasai. Seperti halnya Java Script, kita tidak wajib mengetahui dan mampu membuat Java Script sendiri untuk kebutuhan desain, namun bagaimana dan estetika penerapan Java Script pada desain akan sangat menguntungkan bila kita memahaminya.
     Dalam membuat Web, seorang desainer Web menentukan aspek-aspek desain yang diperlukan seperti pemilihan Font, warna, tataletak, dan lainnya. Tugas seorang desainer Web tidaklah semudah yang dibayangkan, penguasaan software-software grafis dan animasi dan HTML authoring saja tidak cukup untuk membuat situs Web yang baik. Banyak hal yang harus menjadi pertimbangan, terlebih bila dihadapkan dengan keinginan klien.

3. WEB PROGRAMMER
     
        Programmer web adalah programmer yang menguasai pengembangan aplikasi web berbasis HTML dan ASP.Net atau aplikasi web berbasis HTML dan J2EE serta Struts Framework atau aplikasi web berbasis MySQL dan PHP.

     Deskripsi pekerjaan seorang web programmer antara lain :
  • Menulis program (coding) dengan menggunakan pemrograman tertentu (VB,VB.NET, Java).
  • Memahami konsep basis data.
  • Mampu mengoperasikan aplikasi basis data.
  • Melakukan pengujian terhadap aplikasi program.
  • Melakukan analisis terhadap aplikasi program.
  • Melakukan riset , desain, dokumentasi dan modifikasi aplikasi software.
  • Melakukan analisis dan memperbaiki kerusakan (error ) pada software dengan tepat dan cara yang akurat.
  • Menyediakan status laporan aplikasi yang diperlukan.

 4. WEB DEVELOPER
     
    Web Developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, web developer membuat berbagai hal "terjadi" pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website , mulai dari pemanggilan database,membuat halaman website yang dinamis,hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut.
         
       Seorang web developer yang handal akan terbiasa dengan bahasa pemrograman,baik itu di sisi server ( server-side scripting ) maupun disisi client ( client-side scripting ). Dan jangan lupa dengan aspek database yang akan digunakan. Berikut adalah bagian aplikasi yang harus dipahami oleh seorang web developer , diantaranya :

  • Client-side  : Javascript
  • Server-side : ASP , ASP.NET , Java , Perl , PHP , Phyton , Ruby , dan sebagainya.
  • Databases : MySQL , Oracle , dsb.
  
    Aspek tampilan menjadi sisi yang agak "terpinggirkan" oleh web developer.Pada umumnya , setelah scripting dari aplikasi web telah selesai dibuat , web developer akan menyerahkan pekerjaanya kepada web designer untuk menciptakan tampilan yang baik.

5. WEB ADMINISTRATOR

Web Administrator adalah seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional sebuah situs atau website. Seorang Web Administrator juga harus mampu menjaga kelancaran akses situs (instalasi dan konfigurasi sistem) , merawat hosting dan domain , mengatur keamanan server dan firewall dan mengatur akun dan kata sandi untuk admin serta user.

Berikut deskripsi dari pekerjaan seorang web administrator : 

* Back up atau memodifikasi aplikasi dan data yang terkait untuk menyediakan pemulihan kerusakan.
* Menentukan sumber halaman web atau masalah server, dan mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.
* Meninjau atau memperbarui konten halaman web atau link pada waktu yang tepat, menggunakan tool-tool.
* Memonitor sistem untuk intrusi atau serangan denial of service, dan melaporkan pelanggaran keamanan untuk personil yang tepat.
* Menerapkan langkah-langkah keamanan situs web, seperti firewall atau enkripsi pesan.
* Mengelola internet / intranet infrastruktur, termasuk komponen seperti web, file transfer protocol (FTP), berita dan server mail.
* Berkolaborasi dengan tim pengembangan untuk membahas, menganalisis, atau menyelesaikan masalah kegunaan.
* Test backup atau pemulihan rencana secara teratur dan menyelesaikan masalah.
 Memonitor perkembangan web melalui pendidikan berkelanjutan, membaca, atau partisipasi dalam konferensi profesional, workshop, atau kelompok.
* Menerapkan update, upgrade, dan patch pada waktu yang tepat untuk membatasi hilangnya layanan.
  
6. WEB ANALIS

      Web analisis adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan pemahaman dan mengoptimalkan penggunaan web.

      Web analisis bukan hanya sebuah alat untuk mengukur lalu lintas situs Web, namun dapat digunakan sebagai alat untuk penelitian bisnis dan riset pasar. Analisis Web aplikasi dapat juga membantu perusahaan mengukur hasil kampanye iklan cetak tradisional. Ini membantu orang untuk memperkirakan bagaimana lalu lintas ke situs web berubah setelah peluncuran kampanye iklan baru.Web analisis menyediakan data tentang jumlah pengunjung, tampilan halaman dll , untuk mengukur popularitas situs yang akan membantu untuk melakukan riset pasar.
           
          Off-site web analisis mengacu pada pengukuran dan analisis web tidak peduli apakah Anda sendiri atau mempertahankan sebuah website. Ini mencakup pengukuran potensi sebuah situs web penonton (kesempatan), berbagi suara (visibilitas), dan buzz (komentar) yang terjadi di Internet secara keseluruhan.

      On-site web analytics mengukur perjalanan sekali pengunjung di website Anda. Ini termasuk yang driver dan konversi, misalnya halaman arahan yang mendorong orang untuk melakukan pembelian. On-site analisis Web mengukur kinerja situs dalam konteks komersial. Data ini biasanya dibandingkan terhadap indikator kinerja kunci kinerja, dan digunakan untuk meningkatkan situs web atau kampanye pemasaran respons penonton.

       Secara historis, analisis Web telah disebut di-pengukuran pengunjung situs. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini telah kabur, terutama karena vendor yang memproduksi alat-alat yang span kedua kategori.

Agile Development Methods

      Agile Development Methods adalah sekelompok metodologi pengembangan perangkat lunak yang didasarkan pada prinsip-prinsip yang sama atau pengembangan sistem jangka pendek yang memerlukan adaptasi cepat dari pengembang terhadap perubahan dalam bentuk apapun. Agile development methods merupakan salah satu dari Metodologi pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak. Agile memiliki pengertian bersifat cepat, ringan, bebas bergerak, dan waspada. Sehingga saat membuat perangkat lunak dengan menggunakan agile development methods diperlukan inovasi dan responsibiliti yang baik antara tim pengembang dan klien agar kualitas dari perangkat lunak yang dihasilkan bagus dan kelincahan dari tim seimbang.
         
           Agile development methods terdefinisi dalam empat nilai, biasa disebut Agile Alliance’s Manifesto, diantaranya :

  1. Interaksi dan personel lebih penting dari pada proses dan alat.
  2. Perangkat lunak yang berfungsi lebih penting daripada dokumentasi yang lengkap.
  3. Kolaborasi dengan klien lebih penting dari pada negosiasi kontrak.
  4. Respon terhadap perubahan lebih penting daripada mengikuti rencana.

   Pengertian dari Agile Alliance's Manifesto sebagai berikut : 

  • Interaksi dan personel lebih penting dari pada proses dan alat, di dalam agile interaksi antar anggota tim sangatlah penting, karena tanpa adanya interaksi yang baik maka proses pembuatan perangkat lunak tidak akan berjalan sesuai rencana.
  • Perangkat lunak yang berfungsi lebih penting daripada dokumentasi yang lengkap, saat melakukan proses demonstrasi kepada klien, perangkat lunak yang berfungsi dengan baik akan lebih berguna daripada dokumentasi yang lengkap.
  • Kolaborasi dengan klien lebih penting dari pada negosiasi kontrak, salah satu ciri dari agile adalah klien menjadi bagian dari tim pengembangan perangkat lunak. Kolaborasi yang baik dengan klien saat proses pembuatan perangkat lunak sangatlah penting ketika menggunakan agile. Karena fungsi-fungsi dari perangkat lunak yang dikembangkan harus terus menerus dibicarakan dan diimprovisasi disesuaikan dengan keinginan klien.
  • Respon terhadap perubahan lebih penting daripada mengikuti rencana, agile development methods berfokus terhadap kecepatan respon tim ketika klien menginginkan perubahan saat proses pembuatan perangkat lunak.
     

       Kelebihan dan kekurangan dari Agile Development Method ini , diantaranya :

Kelebihan

Beberapa kelebihan dari agile diantaranya :
  • 82% Menambah produktivitas tim.
  • 77% Menambah kualitas perangkat lunak.
  • 78% Menambah kepuasan klien.
  • 37% Menghemat biaya.

Kekurangan

Sedangkan kekurangan dari agile antara lain :
  • Agile tidak akan berjalan dengan baik jika komitmen tim kurang.
  • Tidak cocok dalam skala tim yang besar (>20 orang).
  • Perkiraan waktu release dan harga perangkat lunak sulit ditentukan.


Source : 

http://jijidzone.blogspot.com/2011/04/deskripsi-kerja-profesi-it.html
http://bomy-id.blogspot.com/2014/05/jenis-jenis-profesi-dan-deskripsi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Agile_Development_Methods
http://permass.blogspot.com/2010/01/web-analytics.html
http://designmagz.com/karir/apa-itu-web-desain.html
http://adydiyuka25.blogdetik.com/2013/04/07/arsitektur-web-aplikasi-utamanya
http://www.ar7ikel.com/view-content-80-titel--jenis-pekerjaan-dalam-industri-web.html
http://www.balinter.net/news_89_Web_Developer.html
Share on Google Plus

About Fulan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Lanjutkan Saeful, templatenya udah bagus! :D

    ReplyDelete
  2. Mantep, ini nih yang saya cari.
    Ditunggu kunbalnya ya! http://blog.agittm.info

    ReplyDelete