Optical Drive

Optical Drive



Merupakan media penyimpanan data yang menggunakan perangkat optis dalam proses penyimpanan maupun pembacaan data yang dikandungnya.


Jenis Optical Drive

Optical drive terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain: 
  •      CD-ROM drive berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD. 
  •      DVD-ROM berfungsi untuk membaca data input dari kepinganDVD. 
  •      CD-ROM, DVD-DROM, Blu-Ray.

Apa itu CD-ROM ?


CD-ROM ( Compact Disc Read Only Memory ) adalah sebuah cakram padat dari jenis
cakram optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan
saat ini bisa mencapai 700 MB. CD-ROM bersifat "baca saja" (hanya dapat dibaca,dan
tidak dapat ditulis). Untuk dapat membaca isi CD, alat utama yang diperlukan adalah
Perangkat CD-ROM. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi
berulang kali (Re-Write/RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.

Kapasitas CD



Daya tampung jenis cakram padat (compact disk)




Apa itu DVD ?


   DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data ,
termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. DVD pada
awalnya adalah singkatan dari Digital Video Disc, namun beberapa pihak ingin agar
kepanjanganya diganti menjadi Digital Versatile Disc (Cakram serbaguna digital) agar jelas
bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini
tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah DVD saja , dan huruf-huruf tersebut secara resmi bukan singkatan dari apapun.


Kapasitas DVD

Jumlah kapasitas informasi yang dapat ditulis ditentukan oleh kapasitas cakram , baik secara fisik maupun logika yang digunakan.


Blu-Ray

Cakram Blu-Ray adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi. Nama Blu-Ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-Ray dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm , dimana lebih pendek dibandingkan laser merah , 650 nm yang dipakai DVD dan CD. Format saingan Blu-Ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama. Cakram Blu-Ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisanynya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD.

Kapasitas Blu-Ray

Cakram Blu-Ray dua lapis berkapasitas 50 GB dapat menampung video definisi tinggi (HD) berdurasi 9 jam atau video definisi standar (SD) berdurasi 23 jam.

Mengapa Blu-Ray ?

Walaupun Blu-Ray dan DVD memiliki ketebalan yang sama, yaitu sekitar 1,2 milimeter (lebih tipis Blu-Ray 1 nm), namun Blu-Ray mampu menyimpan informasi 5x lipat lebih banyak dari DVD. Inti perbedaanya adalah pada pits, beam dan track pitch. Blu-Ray menggunakan laser biru, yang mempunyai panjang gelombang lebih pendek (405 nanometer) dari laser merah (650 nanometer) yang digunakan oleh DVD. Dengan panjang gelombang lebih pendek, memungkinkan sebuah keping memiliki pits yang lebih pendek. Beam yang digunakan Blu-Ray juga 2 kali lebih kecil dari DVD, yaitu sekitar 0,15 microns. Track pitch nya pun 2 kali lebih pendek, yaitu hanya 0,32 microns. Bandingkan dengan DVD yang memiliki beam sekitar 0,32 microns dan track pitch 0,74 microns.

Transfer rate data CD-ROM

Kemampuan transfer data dari CD-ROM adalah n x 150 KB/s , dengan n adalah kecepatan berputar kepingan CD. Misalnya , jika CD-ROM mempunyai kecepatan sebesar 52 x , maka kecepatan transfernya sebesar 52 x 150KB/s - 7.800 KB/s. Saat ini, kecepatan CD-ROM yang ada di pasaran antara lain 32x , 48x dan 52x.

Transfer rate data DVD-ROM

Kemampuan transfer data dari DVD-ROM adalah n x 10,55Mbit/s, dengan n adalah kecepatan berputar kepingan DVD. Misalnya , jika DVD-ROM mempunyai kecepatan sebesar 20x , maka kecepatan transfernya sebesar 20 x 10,5 Mbit/s = 211 Mbit/s. Saat ini, kecepatan DVD-ROM yang ada di pasaran antara lain 8x, 12x, 18x, dan 20x.

Bagaimana CD-ROM bekerja ?

Data digital yang diukir ke dalam CD-ROM sebagai lubang (tempat rendah) dan tanah (tempat tinggi). Setiap laser bersinar ke dalam lubang bergerak dan tanah, sensor mendeteksi perubahan dalam refleksi ketika bertemu transisi dari pit ke tanah atau lahan untuk pit. Setiap transisi adalah 1. Kurangnya transisi yang 0s. Hanya ada satu laser drive. Dua yang digunakan di sini untuk menggambarkan perbedaan dalam refleksi.

Penulisan Data pada Optical Disk


Konstruksi DVD dan Blu-Ray


Share on Google Plus

About Fulan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment